Bekali Soft Skill

Uswah Student Center Rilis Klub Pelajar
SURABAYA – Modal sukses berkarir tidak hanya ditentukan kemampuan akademik.
Soft skill atau keterampilan juga amat menentukan. Karena itu, kemarin (4/5) Uswah Student Center (USC) merilis Klub Pelajar (KP) di SMAN 1.

KP itu dimotori anggota USC pelajar yang tergabung dalam Teens Club. KP tersebut terdiri atas lima klub kegiatan. Yakni, sains (ilmu pengetahuan), robotika, bahasa Inggris, komputer, dan jurnalistik.

Menurut Qomaria, ketua Divisi Aplikasi Studi Ilmiah USC, di dalam klub para pelajar diberi kesempatan untuk mempelajari lima bidang keterampilan tersebut. “KP gratis, siswa SMP dan SMA negeri atau swasta bisa bergabung,” kata mahasiswi Fakultas Kedokteran (FK) Unair itu.

KP akan dimotori para pelajar dengan didampingi para mahasiswa anggota USC. Dia mengatakan, USC telah menggandeng Forum Ilmiah Studi Mahasiswa (Forisma) FK Unair sebagai pembina klub sains. Untuk kegiatan robotika, USC bekerja sama dengan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya-Institut Teknologi Sepuluh Nopember (PENS-ITS).

“Sedang untuk komputer, kami bekerja sama dengan Jurusan Teknik Informatika ITS,” sambung mahasiswi berjilbab tersebut. Sementara itu, Forum Lingkar Pena (FLP) akan menjadi pembina untuk kegiatan tulis-menulis siswa.

Dalam rilis KP kemarin (4/5), 80 pelajar SMP-SMA se-Surabaya datang ke aula SMAN 1 untuk mengikuti pembukaan. Qomaria menegaskan, KP akan beroperasi mulai bulan ini. Sejauh ini, KP diagendakan untuk melakukan pertemuan setiap dua pekan sekali.

Dalam setiap pertemuan, para siswa akan diajak langsung mempraktikkan keterampilan. Menurut dia, laboratorium di PENS dan ITS terbuka menerima para siswa tersebut. “Kami sudah menjalin hubungan cukup lama. Sekarang kalau mau pakai cukup minta izin,” tambahnya.

Selain memberikan berbagai materi kepada para pelajar tersebut, KP akan dibanjiri berbagai kegiatan pendidikan lain. Misalnya, seminar dan berbagai lomba. Salah satu agenda terdekat mereka adalah perlombaan robot, line tracer.

Bagaimana animo para pelajar? Ketua Teens Club asal SMKN 11 Aditya Ranangga Putra mengatakan, minat kawan-kawannya cukup tinggi. Dia mengaku kegiatan bersama USC itu menambah keterampilan dan wawasannya. Para pelajar bisa memperdalam bakat dan minatnya di USC.

“Lagi pula usia pembinanya tidak jauh beda dengan kami. Jadi, belajarnya lebih enak,” kata siswa jurusan informatika itu. (ara/hud)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: