Makin Dekat Dengan Matahari Kok Malah Lebih Dingin

Beberapa minggu yang lalu, dalam perkuliahan yang membahas termodinamika, kami dijelaskan tentang pengkondisian suhu kabin pada pesawat. Dosen kami saat itu, Bapak Ir. Kadarisman bercerita bahwa Beliau berkata bahwa pada ketinggian pesawat yang tinggi, pilot menginformasikan keadaan ambient air temperature yang sangat rendah. Beliau juga menambahkan, bahwa udara dingin dari luar pesawat (yang saking dinginnya) dipanaskan kembali, reheat, sebelum digunakan untuk mendinginkan suhu kabin pesawat.

 

Timbul pertanyaan saat itu, mengapa pada ketinggian tertentu suhu ambient air justru sangat rendah, bahkan bisa di bawah nol derajat Celcius. Padahal makin tinggi sebenarnya posisinya justru makin mendekat dengan matahari. Setelah itu, saya mulai berpikir dan teringat pada masa SMA dulu. Sepertinya saya pernah tahu jawabannya.

 

Kalau gak salah, dalam buku “Einstein Aja Gak Tahu” tulisan Robert L. Wolke, hal itu dapat terjadi karena radiasi dan konveksi panas bumi. Dibandingkan udara atmosfer, daratan bumi lebih cepat menerima energi panas yang dihantarkan lewat radiasi gelombang elektromagnetik yang dihasilkan matahari. Sehingga kalau dikenai radiasi panas, daratan menjadi panas terlebih dahulu baru disusul panasnya udara atmosfer. Panasnya udara atmosfer dapat terjadi lewat peristiwa konveksi panas dari lapisan yang terdekat dengan darat ke lapisan yang lebih tinggi di atasnya. Itulah alasannya mengapa makin tinggi ketinggian dari permukaan laut suhu udara justru makin rendah dan suhu udara di dekat permukaan laut lebih hangat.

 

Jadi gak jadi masalah kalo saya dikasih pertanyaan yang sama di lain kesempatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: