Kuniyah Yang Aneh

Namanya pada masa jahiliyah adalah Abdu Syams, sebagaimana ditetapkan Imam Bukhari, At-Tirmidzi dan Al-Hakim. Adapun setelah masuk Islam, namanya telah diubah oleh Rasul saw. Hal ini karena tidak boleh memberi nama seseorang dengan nama “hamba fulan” atau Abdul Fulan. Yang boleh hanya hamba Allah semata, sehingga beliau diberi nama Abdullah atau Abdurrahman.

Abdullah terkenal dengan nama julukannya atau kuniyahnya. Adapun kisah sehingga beliau mendapatkan julukan tersebut adalah sebagai berikut,

Imam Al-Hakim meriwayatkan, Abdullah r.a. berkata, “Mereka memberikan gelar dan julukan padaku Abu Hurairah. Penyebabnya, tidak lain karena aku pernah menggembala kambing untuk keluargaku. Dan saat itu kudapati anak kucing liar, lalu aku masukkan ke kantong lenganku. Ketika aku pulang kembali ke rumah, mereka mendengar suara kucing di kamarku, kemudian bertanya, ‘Suara apakah itu, wahai Abu Syams?’ Aku pun menjawab, ‘Anak kucing yang kutemukan (saat menggembalakan kambing)’. Mereka berkata, ‘Kalaubegitu, engkau adalah Abu Hurairah’. Semenjak saat itu, julukan dan gelar itu terus melekat padaku.”

Akan tetapi Abu Hurairah berkata, “Rasulullah saw memanggilku Abu Hirin dan orang-orang memanggilku Abu Hurairah,” karenanya is berkata, “Kalian memanggil dan menjulukiku dengan julukan laki-laki (Abu Hirin), lebih aku sukai daripada julukan wanita (Abu Hurairah).” Disebutkan di beberapa tempat dalam Shahih Bukhari, bahwa dalam berbagai kesempatan dan peristiwa Rasul saw memanggil Abu Hurairah dengan panggilan Abu Hirin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: