Gerhana Matahari 26 Januari 2009

Tanggal 26 Januari 2009  ini Indonesia akan mendapat kesempatan untuk melihat fenomena Gerhana Matahari Cincin – (GMC). Fenomena GMC ini diperkirakan akan melewati daerah-daerah Lampung dan mengarah ke Timur laut.

Secara umum, gerhana Matahari terjadi ketika Bulan berada di antara Matahari dan Bumi, sedemikian sehingga cahaya Matahari yang biasanya mengenai permukaan Bumi akan terhalang oleh Bulan (lihat gambar di bawah). Apabila seluruh piringan Matahari tertutup sempurna oleh Bulan, kita di Bumi akan menyaksikan terjadinya gerhana Matahari total. Sedangkan bila bagian tengah Matahari gelap tertutup Bulan namun bagian tepi piringannya masih dapat terlihat dari Bumi, berarti yang sedang terjadi adalah gerhana Matahari cincin.

eclipses_solaresen

Lintasan bayangan umbra (bayangan inti) dalam Gerhana Matahari Cincin nanti hanya selebar 280 km, namun kebetulan menyentuh wilayah Indonesia khususnya dari Selat Sunda hingga ke Kalimantan Timur.

Di luar wilayah tersebut, gerhana tetap bisa dilihat, namun menampakkan dirinya dalam wujud gerhana sebagian. Misalnya saja seluruh kawasan Pulau Sumatra (selain Lampung dan Sumatra Selatan), dalam peta dilintasi garis biru muda sejajar umbra bernilai 0,6 dan 0,8. Artinya wilayah2 tersebut akan menyaksikan Matahari tertutupi bundaran Bulan antara 60 – 80 % (nilai persisnya bergantung pada posisi tiap titik di daerah tersebut).

eclipsepath1

Demikian pula, sebagian besar Pulau Jawa akan menyaksikan Gerhana Matahari Cincin ini sebagai gerhana sebagian dimana Matahari tertutupi Bulan hingga > 80 %. Sebagai catatan, magnitude Gerhana Matahari Cincin ini sendiri, yakni luas permukaan Matahari yang tertutupi bundaran Bulan, adalah 93 %. Artinya di jalur umbra pun kita ‘hanya’ sanggup melihat 93 % cakram Matahari tertutupi Bulan, makanya disebut Gerhana Cincin.

Seluruh wilayah Indonesia ada di sebelah timur garis imajiner 09:30 UT, artinya puncak gerhana baru terjadi selepas pukul 16:30 WIB namun sebelum 16:55 WIB.

gmc_jan2009

Di Jakarta,,,, gerhana disimulasikan….

jakarta_indonesia_2009jan26_anim

Di Lampung, gerhana bisa diamati sejak pukul 15:21 WIB (ketika kontak umbra mulai terjadi, dimana cakram Bulan mulai menyentuh tepi piringan Matahari) dan berakhir pada pukul 17:52 WIB (ketika kontak umbra berakhir, dimana cakram Bulan tepat sepenuhnya meninggalkan piringan Matahari). Sementara puncak gerhana terjadi pada pukul 16:42 WIB.

Untuk tempat2 lainnya di Pulau Sumatra dan Jawa dan Kalimantan (serta Semenanjung Malaysia), waktunya tidak berselisih jauh (paling hanya berbeda beberapa menit, tentu saja setelah dikonversikan dengan standar waktu setempat).

Catatan waktu dalam UTC, tinggal nambah 7 jam untuk menjadi WIB.

Namun di lain hal, menurut prediksi, di Indonesia akan terjadi hujan dengan curah hujan berintensitas tinggi di minggu ke-4 Januari 2009. Maka pada saat gerhana, peluang tertutupnya langit oleh awan cukup tinggi.

Dari Abu Musa radhiyallahu ‘anh, telah terjadi gerhana matahari, lalu Nabi shalallahu alaihi wassalam berdiri, khawatir terjadi kiamat, terus berangkat ke masjid, lantas Nabi shalallahu alaihi wassalam berdiri, ruku’ dan sujud yang lama, tidak pernah sebelumnya aku melihat seperti itu, Dan Rasulullah bersabda,”Tanda-tanda kebesaran Allah dan yang Dia kirimkan ini bukanlah karena kematian atau hidupnya seseorang, namun dengannya Allah hendak menakuti hamba-hamba-Nya. Oleh karena itu jika kamu melhat gerhana itu, maka segeralah kamu menyebut nama-Nya, berdo’a kepada-Nya, dan mohon ampun kepada-Nya.”

(Muttafaq ‘alaih, Fathul Bari’ II: 545 no:1059, Muslim II: 628 no:912 dan an-Nasa’i III:153)

Sumber : http://www.eclipse.org.uk/eclipse/Jakarta_Indonesia.html, Stellarium, http://www.hermit.org/Eclipse/2009-01-26/, http://eclipse.gsfc.nasa.gov, http://www.langitselatan.com, http://hanieftrihantoro.wordpress.com, http://ias.dhani.org/, http://en.wikipedia.org/wiki/Solar_eclipse, dll.

4 Responses

  1. ada foto asli nya?

  2. @aryu
    nah itu..
    waktu kemarin gerhana, cuaca Surabaya gak kondusif, rada mendung…
    gmana tuh ngambil fotonya…..

  3. makasih infonya.berguna bgt buat wana

  4. aku belum pernah lihat grahan matahari cuman dengar crita saja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: