BPI 1 Tahun 2009 yang Menyejarah

BPI itu Bengkel Pendalaman Islam. Sejenis pelatihan dakwah islamiyah yang diadakan lembaga dakwah Ash-Shaff Teknik Mesin ITS untuk mahasiswa baru muslim Mesin ITS. Tiap tahun kegiatan ini diadakan sebagai satu program kerja lembaga. Namun untuk kali ini ada yang berbeda dengan BPI 1 di tahun 2009 ini. Apa itu…..

BPI 1

Bengkel Pendalaman Islam 1 ditujukan untuk mencetak generasi-generasi yang mempunyai motivasi keilmuan dan dakwah islam sehingga ke depannya diharapkan dapat aktif berpartisipasi dalam setiap kegiatan kajian keislaman yang diadakan lembaga Ash-Shaff baik itu sebagai peserta maupun sebagai panitia. BPI 1 ini memang khusus diperuntukan kepada mahasiswa baru muslim Teknik Mesin ITS. BPI 1 ini dimasukkan ke dalam agenda atau program kerja departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Ash-Shaff bekerja sama dengan Badan Semi Otonomi Keputrian Ash-Shaff.

Menyejarah…..

Dikatakan menyejarah? Memang BPI 1 tahun 2009 ini lain dari BPI 1 tahun-tahun sebelumnya. BPI 1 2009 ini telah dilaksanakan tanggal 14 Februari 2009 dari jam 07.30 – 21.30 WIB (khusus akhwat samapai 17.00 WIB). Ada beberapa hal yang membuatnya menjadi sejarah…

  1. Kegiatan BPI 1 ini diikuti tak kurang dari 100 peserta (dengan estimasi perbandingan ikhwan dan akhwat 7:3). Ini jumlah peserta BPI 1 yang terbanyak (mungkin sejak BPI 1 pertama kali diadakan). Hal ini berkat kerjasama yang apik antara Lembaga Dakwah Jurusan Ash-Shaff dengan Himpunan Mahasiswa Mesin ITS. Ketua HMM, Wioko Yudhantara, merekomendasikan pada seluruh mahasiswa baru muslim Mesin ITS dapat mengikuti kegiatan ini.
  2. Kegiatan BPI 1 ini berpanitiakan tak kurang dari 20 orang, baik itu ikhwan maupun akhwat. Jumlah yang cukup banyak untuk memeneje 100an orang peserta.
  3. Kegiatan BPI 1 ini hanya dilaksanakan satu hari saja tanpa mabit. Padahal pada BPI 1 sebelumnya dilaksanakan 2 hari 1 malam plus mabit. Hal ini akibat kesalahan prosedur perijinan.
  4. Kegiatan BPI 1 ini diadakan kembali dengan peserta yang sama di lain hari. Dengan nama BPI 1 Reloaded. InsyaAllah.

Penutup

Akankah lahir generasi-generasi baru dakwah. Yang akan melanjutkan tongkat estafet dakwah. Yang kembali mengitari lintasan waktu peradaban. Sejarah. Ukhuwah. Dakwah. Akankah tetap menjadi pengokoh landasan taqwa dan iman pada aqidah yang haq.

Saat itu, mereka belajar. Tak hanya motivasi, keilmuan. Tapi pelajaran ketaatan. Mereka belajar menghargai dan taat pada pemimpin mereka. InsyaAllah, harapan itu tetap ada.

2 Responses

  1. Subhaanallah.. Saya sendiri kaget begitu diberi tahu bahwa BPI 1 dipending sampai jangka waktu yang belum ditentukan. BPI 1 Reloaded.. Sebuah usaha untuk melanjutkan perjuangan dakwah di kampus Teknik Mesin ITS tercinta..
    Karena sejatinya dakwah yang dilakukan dengan setengah2 hanya akan memberikan hasil yang tidak maks.
    Demikian pula jika suatu materi hanya disampaikan sebagian, maka akan menimbulkan suatu pemahaman yang berbeda dengan maksud pemateri sebenarnya.
    Mudah2an Allah SWT meridhoi dan memudahkan langkah kita dalam menyebarkan dan menjalankan agamaNya di bumi.

  2. Semngat semuanya !!!

    Dakwah tidak akan memiliki arti jika berjalan datar-datar saja, justru dengan jalan yang terjal maka di situlah esensi pejuang dakwah akan teruji secra alamiah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: