Zero Wasted Energy (About Human Motion and Power Harvesting)

Ya. Zero Wasted Energy. Ke depan teknologi akan berorientasi ke arah ini. Ketiadaan energi buangan. Meskipun bisa dianggap tidak mungkin. amun kini manusia sering berusaha membuat teknologi ini. Mengupayakan semua energi potensial yang ada dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin tanpa ada energi yang terbuang.

Salah satu teknologi itu adalah human motion and power harvesting. Yang kalau dibahasaindonesiakan kurang lebih menjadi “memanen” gerak dan tenaga manusia. Di sini, di kampus Mesin ITS, juga mulai dikembangkan teknologi ini di bawah asuhan dosen Harus Laksana Guntur.

Maksud daro adanya teknologi ini. Tenaga dan pergerakan manusia nantinya akan digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik, menyimpan tenaga gerak itu ke dalam energi tersimpan atau digunakan untuk menghidupkan peralatan penunjang kehidupan manusia yang sedang bergerak itu.

Pergerakan yang dimaksud seperti berjalan, berlari cepat, jogging, bersepeda atau bergoyang. Kemudian dari pergerakan itu, kita melakukan pemodelan dinamika gerak manusia tersebut dan studi eksperimentalnya. Yang menjadi dasar juga studi tentang vibrasi pergerakan tersebut. lalu kami mulai mengembangkan peralatan untuk “memanen” tenaga manusia tersebut.

Teknologi “memanen” tenaga manusia ini sebenarnya sudah mulai berkembang di Jepang. Sebuah perusahaan bernama Soundpower corp. membuat lantai yang dapat menghasilkan tenaga listrik. Lantai ini diujicobakan di stasiun Shibuya, Tokyo, Jepang.

Setiap kali injakan manusia yang lalu lalang di stasiun Shibuya, Tokyo, Jepang akan membangkitkan tenaga listrik. Tenaga listrik ini digunakan untuk menghidupkan LED pengumuman jadwal kereta di sana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: