Pekan Mekanika 2009

Waktu : 6 – 7 Maret 2009

Tempat : Balai Pemuda Surabaya

Himpunan Mahasiswa Mesin FTI ITS

poster

poster2

Pekan Mekanika 2009 Energy Innovation Expo adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Kegiatan ini merupakan kegiatan Pekan Mekanika ketiga yang telah diadakan setelah sebelumnya diadakan pada tahun 2007 (PM1) dan tahun 2008 (PM2).

Pekan Mekanika adalah kegiatan yang menggabungkan unsur edukasi sekaligus entertainment. Dan untuk pelaksanaan Pekan Mekanika 2009 kali ini, tema yang diambil adalah energi.
Kegiatan – kegiatan yang ada pada Pekan Mekanika 2009 ini sangat beragam, antara lain : Pameran Inovasi Energi, Parade Band, Servis gratis untuk kendaraan bermotor roda 2 maupun roda 4, games fotografi, bursa buku, dan rally mobil. Selain itu juga diselenggarakan kompetisi energi alternatif untuk mahasiswa di universitas di seluruh Indonesia, kompetisi fisika mekanika tingkat Nasional, serta kompetisi mekanik untuk siswa SMK. Ketiga kompetisi tersebut telah melalui babak penyisihannya, dan babak finalnya akan diadakan bersamaan dengan kegiatan lainnya, yakni pada 6 – 7 Maret 2009 di Balai Pemuda Surabaya.

Rencananya, kegiatan ini akan mengundang Sekdaprov, wakil gubernur provinsi Jawa Timur, perwakilan Departemen ESDM, Ketua Ikatan Motor Indonesia, perwakilan Dinas Pariwisata, perwakilan Dinas Pertamanan, serta perwakilan dari pihak sponsor yang mendukung kegiatan ini.

Harapannya, dengan adanya begitu beragamnya kegiatan yang tergabung dalam Pekan Mekanika 2009 ini dapat menjadi stimulus prestasi, inovasi, dan kreativitas generasi muda Indonesia. Selain itu, adanya energi sebagai tema kegiatan dapat menjadi sarana edukasi dan informatif kepada masyarakat, khususnya mengenai isu energi.

Sponsor dari kegiatan ini antara lain Dinamika Energiditama Nusantara, Lintech, Tambang Batu Bara Bukit Asam, Pertamina Pelumas, Honda MPM, Semen Gresik, Petro, Kompas, RRI Pro2FM, PJB, dll.

Rincian kegiatan pada Pekan Mekanika 2009 :

1. Energy Innovation Expo

Kegiatan ini merupakan pameran di bidang inovasi energi yang akan diisi oleh instansi dan perusahaan yang bergerak di bidang terkait. Nantinya, dengan diadakannya pameran inovasi energi ini dapat menjadi salah satu sarana informatif mengenai isu – isu energi kepada masyarakat, seperti bagaimana menyikapi permasalahan energi saat ini, bagaimana kondisi energi saat ini, dan lain – lain. Kegiatan ini nantinya akan berlangsung selama 2 hari, berlokasi di Balai Pemuda Surabaya.

2. Mechanical Competition part-VIII tingkat Nasional

Mechanical Competition part-VIII (biasa disingkat : Mechom) adalah kegiatan kompetisi fisika mekanika untuk siswa SMA yang dilaksanakan pada tingkat Nasional. Babak Penyisihannya, yang telah berlangsung pada tanggal 1 Februari 2009 yang lalu diikuti oleh ratusan tim, dan dilaksanakan di 19 kota sekaligus. Sembilan belas kota tersebut antara lain Surabaya, Jakarta I, Jakarta II, Cirebon, Yogyakarta, Malang, Tuban, Solo, Lamongan, Madura, Denpasar, Jombang, Madiun, Tulung agung, Banyuwangi, Jember, Gresik, Nganjuk, Palembang dan Balikpapan.

Dari ratusan peserta yang mengikuti babak penyisihan, akan ada 60 tim yang akan lolos ke Surabaya untuk mengikuti babak semifinal. Segala akomodasi selama di Surabaya, serta transportasi ke Surabaya ditanggung oleh pihak panitia. Nantinya, dari 60 tim hanya akan ada 5 tim yang berhak maju ke babak selanjutnya, yakni babak final yang akan dilangsungkan bersamaan dengan puncak acara Pekan Mekanika 2009.

Hadiah bagi pemenang Mechom part-VIII adalah sebagai berikut :

Juara I : Rp. 6.000.000 + PMDK Teknik Mesin FTI ITS + Bebas Biaya SPI (Uang Gedung) + Tropi

Juara II : Rp. 4.000.000 + PMDK Teknik Mesin FTI ITS + Bebas Biaya SPI (Uang Gedung) + Tropi

Juara III : Rp. 3.000.000 + PMDK Teknik Mesin FTI ITS + Bebas Biaya SPI (Uang Gedung) + Tropi

Juara Harapan I : Rp. 1.250.000 + Tropi

Juara Harapan II : Rp. 75.000 + Tropi

3. Alternative Energy Competition

Alternative Energy Competition adalah sebuah kompetisi energi alternatif yang diikuti oleh mahasiswa/-I dari universitas se-Indonesia. Para peserta diharuskan mengirim hasil karyanya kepada panitia dalam bentuk karya tulis, yang kemudian diseleksi oleh tim dewan juri hingga didapatkan 12 tim yang berhak maju ke babak berikutnya, yakni babak final di Surabaya.

Kedua belas tim yang berhak lolos, diharuskan membuat semacam prototype dari hasil karyanya, dan dibiayai oleh pihak panitia. Babak final tersebut akan diadakan bersamaan dengan puncak acara Pekan Mekanika 2009, dimana para finalis akan memamerkan hasil karyanya serta mempresentasikannya kepada dewan juri. Dewan juri kegiatan ini adalah para ahli dan pakar di bidang energi.

Sebanyak 12 tim finalis berasal dari perguruan tinggi negeri dan swasta yang terkemuka di Indonesia (ITS, UI, ITB, UGM, UNDIP, Unibraw, IPB,dll).

Harapannya, dengan diadakannya kegiatan ini, akan terlahir karya – karya yang kreatif dan inovatif dari generasi muda Indonesia yang dapat menjadi solusi dari permasalahan krisis energi di masa depan, dengan menciptakan sebuah sumber energi baru.

4. Mechanic’s Skill Competition

Mechanic’s Skill Competition (MSC) adalah kegiatan kompetisi lain yang juga menjadi rangkaian kegiatan Pekan Mekanika 2009. Kegiatan ini adalah kompetisi mekanik yang ditujukan untuk anak SMK di Jawa-Bali. Antusiasme para siswa SMK sangat besar untuk mengikuti kegiatan ini, dibuktikan dengan sekitar 580-an peserta yang mengikuti babak penyisihan MSC pada tanggal 1 Februari 2009 yang lalu di 13 kota sekaligus.

Dari ratusan peserta yang mengikuti babak penyisihan terbut, akan dipilih 35 peserta yang berhak lolos ke babak selanjutnya, yakni babak semifinal di Surabaya. Nantinya, dari babak semifinal, akan dipilih lagi hingga 15 peserta yang maju ke babak final.

Lokasi babak penyisihan MSC adalah sebagai berikut : Surabaya, Denpasar, Banyuwangi, Jember, Malang, Bangkalan, Lamongan, Tulung Agung, Semarang, Yogyakarta, Jakarta, Bandung dan Madiun.

Total hadiah yang diperebutkan:

Uang 8 Juta Rupiah + Piala Mendiknas + Piala Rektor ITS + Trophy + Magang + Tool Service + PMDK D3 Teknik Mesin.

5. Engine Tune Up

Kegiatan ini merupakan kegiatan servis gratis untuk kendaraan bermotor, baik roda 2 maupun roda 4. Servis gratis untuk roda 4 akan dilaksanakan pada hari Jum’at, 6 Maret 2009, sedangkan servis gratis roda 2 dilaksanakan pada keesokan harinya, yakni Sabtu, 7 Maret 2009.

Servis gratis roda 4 berupa free general check up, free emition test, discount 50& Fastron Oil, serta mendapatkan Discount 10% Service di Auto2000 Sungkono. Sedangkan untuk servis gratis roda 2 berupa gratis busi dan oli, serta gratis servis ringan. Nantinya, pada hari Jumat akan diadakan juga Water Power untuk Efisiensi Bahan Bakar oleh Prof. Dr. Ir. H. Djoko Sungkono, M.Eng. Sc.

6. Mesin Rally 2k9

Kegiatan ini merupakan kegiatan time rally untuk mobil, dengan tema “Discover The Sparkle, Preserve The Environment”. Time Rally adalah kegiatan balap mobil dimana yang dilihat adalah ketepatan waktu yang dicapai oleh peserta. Di Rally kali ini, selain diharuskan mengunjungi pos – pos yang ditempatkan di sekeliling Surabaya, peserta juga diajak untuk berpartisipasi dalam penghijauan dengan cara menanam tanaman dan juga peserta diajak untuk mengenal lebih jauh tentang tempat – tempat wisata di Surabaya.

Total hadiah yang diperebutkan adalah Rp. 6.650.000, piala ketua IMI Jatim. Kejuaraan ini melombakan kelas Umum, pemula, best female, best alumni, best student. Adapun kegiatan ini bertujuan untuk mewadahi hobi para pereli, dan masyarakat pengguna roda empat serta mengajak untuk peduli tentang permasalahan lingkungan dan mengenalkan kepariwisataan kota Surabaya dan sekitarnya.

7. M_I_Parade “Change Ur Energy”

M_I_Parade adalah sebuah parade band yang akan dilaksanakan bersamaan dengan puncak acara Pekan Mekanika 2009, yakni selama 2 hari di Balai Pemuda Surabaya. Parade Band ini akan diikuti oleh 26 band yang terbagi selama 2 hari. Setiap harinya, akan dipilih band yang berhak memperoleh penghargaan “Best Performance” dan “Best Jingle”. Pemenang kegiatan ini akan mendapatkan uang pembinaan serta sertifikat.

M_I_Parade juga mengharuskan para pesertanya untuk menciptakan 1 buah jingle yang mengkampanyekan tentang permasalahan energi. Nantinya, band dengan jingle terbaik berhak memperoleh kategori “Best Jingle”.

8. Rally Photo On The Spot

Kegiatan ini adalah kegiatan pendukung Pekan Mekanika 2009, berupa games fotografi. Nantinya, para peserta Rally Photo akan menjelajahi arena Pekan Mekanika 2009 menuju pos – pos tertentu yang terdapat pada soal yang diberikan oleh panitia, dan memotretnya dengan kamera.

9. Islamic Book Fair

Kegiatan ini juga sebagai kegiatan pendukung Pekan Mekanika 2009, berupa bursa buku Islami.

Secara keseluruhan, segala rangkaian kegiatan yang tergabung dalam Pekan Mekanika 2009 ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kompetitif, kreatif, inovatif kepada masyarakat, khususnya generasi muda Indonesia, serta sebagai sarana edukasi dan informasi kepada masyarakat mengenai permasalahan global di bidang Energi.

Yuk, kunjungi dan ramaikan kegiatan ini. Terutama Islamic Book Fair nya. He.. Promosi kegiatan..

3 Responses

  1. Assalamu’alaykum wr !

    Sampun mampir mas !😀
    Bagus blognya, rapi bener…gak kayak ane..

    Kayaknya bagus acaranya, sayang jauuuuh banget.🙂

  2. @Big Zaman
    Sayang sekali, dik….
    uapik tenan lo acarane….🙂

  3. Sukses besar ya acaranya.. Selamat ya buat Teknik Mesin ITS..

    Salam hangat,
    IPC ITS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: