Pneumatik

Pada saat ini aplikasi pneumatik cukup luas, termasuk industri assembling, pengepakan, prosesing makanan, pengerjaan kayu, pengelasan, peralatan kedokteran, dan lain-lain. Sistem pneumatik digunakan untuk tujuan otomatisasi dan penghematan tenaga karena kelebihannya dalam konstruksi yang relatif sederhana, murah, dan kemudahan dalam operasi dan pemeliharaan dibandingkan hidrolik minyak, dalam mekanik dan peralatan listrik.

Karakteristik sistem pneumatik adalah:

  1. Sirkuit pneumatik umumnya hanya cocok untuk beban yang relatif ringan (light duty)

  2. Pneumatik tidak efektif dalam pengaturan kecepatan dan displacement dari aktuator karena sifat fluida kerjanya yang compressible

  3. Udara sebagai fluida kerja memiliki tahanan kecil pada alirannya jika dibandingkan dengan hidrolik minyak karena viskositasnya rendah, sehingga respon yang dihasilkan lebih cepat dibanding hidrolik

  4. Udara bertekanan dialirkan melalui pipa-pipa dan kecepatannya dapat diatur oleh pengontrol kecepatan, serta gaya yang dihasilkan dapat diatur dengan valve pengatur tekanan

  5. Jika sirkuit pneumatik dirancang dengan baik maka masalah kebocoran lebih mudah diatasi dibanding dengan sistem hidrolik yang sensitif terhadap kebocoran minyak dan kontaminasi

  6. Udara bertekanan dapat diperoleh dengan mudah di banyak tempat. Sehingga penggunaan pipa pengatur lebih sedikit dibanding dengan sistem hidrolik

  7. Sistem pneumatik dapat dijalankan pada temperatur relatif tinggi (sampai 180) bila peralatan yang digunakan cocok

Pneumatik adalah sebuah sistem transfer daya yang memanfaatkan udara bertekanan sebagai fluida kerjanya. Udara bertekanan adalah udara yang tekanannya lebih tinggi dari tekanan atmosfer.

Pneumatik adalah sebuah sistem transfer daya yang memanfaatkan udara bertekanan sebagai fluida kerjanya. Udara bertekanan adalah udara yang tekanannya lebih tinggi dari tekanan atmosfer.

Secara garis besar, sistem pneumatik terdiri dari peralatan dan perlengkapan yang menghasilkan, mengontrol, dan menghantar udara bertekanan, yaitu:

  1. Kompresor udara:

Berfungsi sebagai sumber energi pneumatik yang menghasilkan udara bertekanan

  1. Tangki udara:

Sebagai tempat menyimpan udara yang dihasilkan oleh kompresor. Fungsinya adalah untuk menstabilkan keluaran udara yang akan digunakan pada sistem pneumatik, dan untuk menghindari drop pressure apabila sejumlah besar udara digunakan dalam waktu yang singkat.

  1. After cooler:

Untuk mendinginkan udara bertekanan dan untuk menghilangkan uap panas yang apabila ditampung dalam jumlah yang banyak akan menyebabkan kerusakan pada peralatan pneumatik

  1. Filter udara:

Untuk menghilangkan debu, air dan minyak yang terbawa dari kompressor

  1. Pengering udara:

Untuk mengurangi kadar uap air pada udara bertekanan sehingga udara yang masuk ke dalam sirkuit benar-benar udara kering

  1. Valve pengurang tekanan:

Tekanan udara dari kompressor biasanya lebih besar dari yang dibutuhkan sehingga valve ini akan menguranginya dan menjaga agar tetap stabil

  1. Lubrikator udara:

Digunakn unuk memberikan minyak kedalm aliran udara bertekanan sebagai pelumas bagi peralatan pneumatic.

  1. Valve penggati arah aliran:

Valve ini berfungsi untuk mengganti arhaliran udara bertekanan.

  1. Speed control valve:

Valve ini berfungsi untuk mengontrol kecepatan daengan mengatur volume aliran udara persatuan waktu.

  1. Actuator:

Merupakan alat dimana energi udara bertekanan dirubah menjadi gaya dan gerak translasi maupun rotasi.

Sumber : Modul Praktikum Mesin Dasar

One Response

  1. Your post is an inspiration for me to study more about this issue. I must confess your limpidity widened my sentiments and I will immediately grab your rss feed to remain up to date on any succeeding articles you might write. Bravo for a well done post!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: