Proses Produksi Pembotolan

Sebagian besar produk konsumsi menggunakan wadah botol. Produk konsumsi dapat berupa minuman, oli, sabun, minyak goreng, obat sirup, dan lain-lain. Jika kita datang ke supermarket, akan kita temui banyak jenis dan merek dagang yang menggunakan botol. Produsen pembotolan kebanyakan memiliki production line yang hampir sama (dalam jenis mesinnya), dengan konveyor sebagai penghubung antar mesinnya. Mesin pembotolan terdiri dari depalletizer, washer/rinser, filler, sealer, capper, labeller, packer, dan palletizer.

Depalletizer

Depalletizer adalah mesin untuk mengambil botol dari pallet dan menaruhnya di konveyor feeding. Depalletizer dapat berupa mesin mekanik dengan penggerak tiga sampai lima aksis. Selain dari pallet, botol juga diambil dari wadah format crate dengan partisi atau tidak.

Washer/Rinser

Sebelum diisi dengan cairan (umumnya cairan obat, dan air konsumsi minum), botol dari feeding pallet harus “dicuci” atau “dibilas”. Hal ini untuk menghilangkan partikel dalam botol yang mungkin masuk saat produksi botol. Cairan yang dipakai adalah cairan khusus untuk mencuci botol. Tak hanya itu, di beberapa mesin botol juga di-blow untuk mengeringkan bagian dalam botol setelah dicuci. Prinsip mesin washer dan rinser adalah semakin lama botol dicuci, semakin bersih botol selepas mesin washer/rinser. Hanya saja untuk line produksi dengan kapasitas tinggi, mesin punya kompensasi tersendiri agar botol tetap bersih dan kapasitas output mesin terpenuhi. Umumnya mesin washer/rinser berupa rotary atau berputar.

Filler

Mesin pengisi biasanya terhubung dengan sistem buffer product tank atau sistem product mixing/blending. Untuk produk konsumsi minum, sistem perpipaan harus terbuat dari bahan yang sanitary dan stainless. Untuk beberapa kasus produksi dengan line produksi sama tetapi digunakan untuk produksi dua atau lebih jenis cairan yang berbeda, sistem product delivery-nya khusus. Atau untuk satu kasus satu botol dengan dua atau lebih jenis isian cairannya, sistem product delivery­-nya berjumlah banyak sesuai dengan banyak isian botol, dan mesin filler mempunyai sistem pengisian secara bergantian. Sistem kalibrasi isian tergantung dari jenis pengatur isi, apakah itu menggunakan magnetic flowmeter (Volume Based Filling) atau mass-coriolis flowmeter (Volume/Weight Based Filling). Mass flowmeter lebih memiliki keakuratan pengisian dengan toleransi sekitar 0,5 %. Mesin filling dapat berupa rotary atau in-line, continuous atau intermittent.

Sealer

Beberapa produk memiliki sealing foil di mulut botol, seperti produk oli, sehingga setelah diisi botol akan melalui mesin sealing. Agar tidak ada kontaminan, umumnya mesin filling dan mesin sealing saling berdekatan. Prinsipnya semakin dekat kedua mesin, semakin bagus. Foil untuk proses sealing atau segel umumnya di-feeding dalam bentuk gulungan, kemudian dipotong melingkar sesuai dimensi mulut botol, kemudian diumpankan ke mulut botol. Mekanisme menempelnya foil di mulut botol menggunakan sistem induksi elektromagnetik yang menghasilkan panas pada sisi keliling foil.

Capper

Tidak semua botol disegel dengan foil, tapi semua botol pasti ditutup dengan penutup botol. Mekanisme mesin penutup botol tergantung dari jenis tutup botol. Ada yang butuh diputar, ditekan atau yang lain. Seperti mesin sealing, beberapa produk yang tidak butuh sealing foil, mesin capping dan mesin filling saling berdekatan agar mengurangi kemungkinan masuknya kontaminan. Mesin capping umumnya rotary, namun beberapa sistem capping yang menggunakan robot bersifat in-line.

Labeller

Sistem labelling botol bermacam-macam tergantung posisi label di botol dan bahan/jenis label yang digunakan. Posisi label di botol dapat berada di bodi dan leher. Bahan label dapat berupa plastik, dan kertas sticker. Untuk botol bulat, label umumnya melingkar. Untuk botol yang memiliki dua sisi, label dapat diberi di satu sisi atau di kedua sisi.

Packer

Packer adalah mesin yang mengambil botol produk untuk dimasukkan ke dalam kardus. Umumnya sistem packing terdiri dari tiga bagian mesin, bagian case erector, packing machine dan case sealer. Case erector adalah mesin yang mengambil kardus dalam bentuk lipatan untuk dibuka dan siap diisi dengan botol produk. Packing machine adalah bagian mesin yang mengambil dan menaruh botol produk di kardus. Case sealer adalah mesin yang menutup kardus yang sudah terisi, kemudian disegel dengan isolasi/selotip.

Palletizer

Palletizer adalah mesin yang mengambil kardus dan menempatkannya di pallet. Karena ukuran pallet dan formasi kardus tertentu, umumnya palletizer menggunakan robot sampai enam aksis. Formasi kardus di pallet disesuaikan dengan dimensi kardus. Di beberapa produk, formasi tumpukan kardus di pallet tergambar di kardus.

Sumber gambar :

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/d/dc/Bottle.agr.jpg/520px-Bottle.agr.jpg

http://www.beveragepackaging.com/Machine%20Pics/Priority%20One%20Bulk%20Bottle%20Depalletizer%2094-260%20(3).JPG

http://images-en.busytrade.com/195300200/Germany-Tech-Bottle-Washing-Machine.jpg

http://www.b2b-today.com/userimg/9/240-3/juice-beverage—filling-machine–turn-key-line-rcgf-42075.jpg

http://busch-machinery.com/filling-equipment1/Images/RotaryFillshowsbottle.jpg

http://relco.co.uk/Assets/b_mics2.jpg

http://img.directindustry.com/images_di/photo-m2/automatic-rotary-capping-machines-572157.jpg

http://www.fg-industries.com/fg_control_panel/template/assets/products/Pegasus%20Astera.JPG

http://www.exapro.com/product/2011/09/P10923269/86da9e367bd2d5bd8ace312d5134c9c2/used-krones-contiroll-960-bottle-plate-20-heads-labelling-machine-p10923269_7.jpg

http://www.fg-industries.com/fg_control_panel/template/assets/Robot/robopac1.jpg

http://image.made-in-china.com/2f0j00cvmQqGphnPoy/Auto-Carton-Packing-Machine-XFC-ZX-.jpg

http://img.21food.com/userimages/xingpack04/xingpack04$117101032.jpg

http://www.t-tek.com/Images/ROBOTIC%20R272_Kamps_Palettizing_0311%20(2).jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: