Cara Memfilter Email Yahoo ke Dalam Folder

Kita mungkin sedikit pusing ketika membuka inbox email yahoo kita yang begitu banyak. Mungkin sampai ribuan email tak terbaca karena kita jarang membuka email untuk membacanya satu persatu. Lebih parah lagi kalau kita subscribe beberapa website, berlangganan newsletter atau mengikuti beberapa milist. Meskipun tiap website atau milist mengirim email dengan identitas khusus di judul emailnya, tetap saja bisa jadi tidak rapid an tak terbaca karena email di inbox yang terlalu banyak. Kita dapat menata email yang masuk ke dalam folder dengan nama khusus sesuai dengan keinginan kita. Istilah umum untuk penataan ini adalah filter email. Untuk email yahoo, akan saya share di postingan saya kali ini. Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka akun email yahoo


Buka email seperti biasa. Ilustrasi di atas adalah tampilan email yahoo yang baru. Tampilan akan berbeda untuk versi lama.

2. Pilih “opsi mail”

Pilihan menu “opsi mail” ada di pojok kiri atas, di antara pilihan “sign out” dan “bantuan”. Terlebih dahulu klik pilihan “opsi”, lalu akan muncul pilihan menu lagi “tema”, “opsi mail”, dan “opsi messenger”. Pilih “opsi mail” dan akan muncul tab email “opsi”, seperti tampilan di bawah ini.

3. Menambah Filter Baru

Di bawah ikon corong, ada tombol “+ Tambah”. Klik tombol tersebut untuk membuat filter baru. Masukan identitas filter baru, seperti “Nama Filter”, “Pengirim”, “Penerima”, “Perihal”, “Isi Email”, dan pilihan folder email.

Baru-baru ini, saya subscribe website CAD model gratis, GrabCAD.com. Saya beri nama filter “GrabCAD”, dan identitas pengirim “GrabCAD”. Ini artinya semua email masuk dari website GrabCAD.com memiliki nama pengirim yang SAMA, yaitu “GrabCAD”.

Setelah itu pilih folder email tersedia untuk menjadi tempat menampung email-email langganan tersebut. Jika kita menginginkan folder email baru, pilih menu terbawah “[Folder Baru]” di dropdown di bawah statement “Setelah itu, kirim email ke folder berikut”.

Masukkan nama folder yang akan digunakan untuk menampung email kita. Untuk kali ini, saya namakan folder baru saya, “GrabCAD”. Nama folder ini akan tampil di widget sebelah kiri inbox email.

Setelah itu klik tombol “Simpan”.

4. Masukkan Email ke Folder Secara Manual

Jika sebelum kita membuat filter sudah ada email masuk yang memang kita ingin langsung dimasukkan ke folder filter yang dibuat, kita dapat memasukkan email-email tersebut ke folder filter secara manual. Caranya, klik “email masuk”, pilih email-email yang akan dipindahkan, lalu klik tombol di samping kanan “Spam” (ikon tombol folder dengan tanda anak panah ke bawah). Pilih nama folder yang ingin dijadikan tempat email. Kali ini, saya pilih email-email dengan nama pengirim email yang sama “GrabCAD”, dan memilih folder dengan nama “GrabCAD”.

5. Membuka Folder

Jika kita ingin membuka email yang sudah dipindahkan ke folder atau sudah tersaring ke folder, kita klik nama folder tersebut di bawah nama “Folder” di widget kiri inbox email. Seperti ilustrasi di atas, saya pilih folder “GrabCAD”, dan tampil dua email dengan nama pengirim yang sama “GrabCAD”.

Untuk ilustrasi yang lebih jelas, klik pada gambar atau klik kanan pada gambar dan pilih “View Image”. Setiap email memiliki tampilan yang berbeda, kecuali menu-menu default dari email yahoo. Ilustrasi-ilustrasi di atas adalah tampilan email yahoo pribadi saya. Silakan mencoba, semoga bermanfaat.

One Response

  1. sip banget artikelnya.. makasih bro..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: