Menampilkan Gambar Tanpa Upload Di WordPress

Bagi anda yang masih awam dengan wordpress, tetapi aktif posting dengan menambahkan tampilan ilustrasi gambar, saya tawarkan cara menampilkan gambar dalam postingan dengan cara yang tidak biasa. Selain lebih simpel dan cepat, ternyata dengan cara iniupload space yang diberikan wordpress kepada blog kita tidak berkurang. Cara tak biasa ini dan cara umum yang sering digunakan (upload ke akun wordpress) dimulai dengan memilih menu yang sama di akun wordpress kita, Media.

Cara Umum Dengan Cara Upload

Cara yang biasa digunakan untuk menampilkan gambar di wordpress adalah dengan cara mengupload ke media library Kemudian saat kita memerlukan gambar itu untuk ditampilkan dalam postingan kita, kita bisa “memanggilnya” di media library. Cara mengupload gambar ini ke aku wordpress adalah dengan memilih menu “Media”, letaknya di bawah pilihan menu “Posts”, lalu pilih “Add new”. Setelah memilih menu tersebut jendela browser akan tampil seperti berikut.

Dari ilustrasi, kita dapat memperhatikan kalimat pernyataan di bagian bawah berikut.

42.4 MB used, 3.0 GB (98.6%) upload space remaining. You can upload mp3, m4a, wav, ogg audio files and increase your available space with a Space Upgrade. You can upload videos and embed them directly on your blog with a Video Upgrade.”

Artinya saya sudah melakukan upload untuk kepentingan posting dan lain-lain sampai 42,4 Megabytes, dan WordPress menjatah upload space sampai 3 Gigabytes.  Selain dengan memilih menu “Media” langsung di “Dashboard”, kita dapat mengupload saat kita sedang memasukkan posting. Pilih simbol “kamera dan tangga birama” di sebelah kiri tulisan “Upload/Insert”. Ilustrasinya berikut.

Menampilkan Gambar Langsung Dari Website Lain

Setelah memilih “Add Media” di salah satu menu “Add New Post”, seperti ilustrasi di atas, kita dapat langsung mengupload file sesuai dengan perintah-perintah di “From Computer” di jendela pop up “Add Media”. Sedang untuk menampilkan gambar langsung dari website lain tanpa mengupload, kita memilih “From URL” di jendela “Add Media”, sampai ilustrasinya seperti berikut.

Isi “URL” dengan alamat foto dari website lain. Saya ambil contoh foto dari akun website photobucket saya. Tampilkan foto yang akan diupload di website tersebut, lalu arahkan kursor pada foto dan klik kanan. Pilih “Copy Image Location”, seperti ilustrasi berikut.

Setelah itu, kembali ke tab atau window di mana akun wordpress kita aktif, lalu isi “URL” tadi dengan mengarahkan kursor, klik kanan, dan pilih paste. Alamat foto dari website lain tersebut mengisi “URL”, seperti ilustrasi berikut.

Jika tidak ada tambahan lain, langsung saja pilih “Insert Into Post” di bagian bawah, Maka gambar dari web lain tersebut akan tampil di kolom editan posting. Nantinya jika di-publish, postingan akan tampil dengan gambar tersebut.

Dengan cara ini, seberapa pun banyaknya gambar yang ditampilkan dalam postingan kita, ini tidak mengurangi upload space dari wordpress untuk akun kita. Kelemahan penggunaan cara ini adalah jika gambar dari website lain tersebut sudah dihilangkan atau dipindahkan oleh pengelola website lain tersebut, maka gambar dari postingan kita di awal akan hilang juga. Solusinya kita upload di akun web uploader untuk foto dan video, seperti photobucket.com.

One Response

  1. Reblogged this on elya2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: