Atasan dan Masa Depan Karir Anda

Atasan anda dan masa depan karir anda di tempat kerja saat ini memiliki korelasi. Tidak hanya bagaimana anda mendapat promosi jabatan dari atasan. Lebih dari itu, kita dapat mengetahui bagaimana jenjang karir di perusahaan tempat anda bekerja. Karena atasan anda adalah cermin karir anda di perusahaan atau tempat kerja anda saat ini. Yang terpenting adalah bagaimana anda menyikapi perilaku dan mengenal lebih dekat sosok atasan anda di perusahaan anda. Berikut ini beberapa hal yang patut diperhatikan dari atasan anda.

Perjalanan Karir Atasan Anda

Satu hal yang penting diperhatikan dari atasan anda adalah perjalanan karir mereka. Karena setiap perusahaan atau kantor memiliki parameter sendiri-sendiri dalam menentukan personil yang akan menempati posisi managerial yang lebih tinggi. Ada seseorang mendapat kesempatan menempati jabatan yang lebih tinggi karena sudah bekerja dalam kurun waktu yang lama, jenjang pendidikan terakhir yang lebih tinggi, kontribusi ke perusahaan, banyaknya sertifikasi yang dimiliki, dan lain-lain. Ada baiknya anda juga mengikuti rekam jejak atasan anda selama di perusahaan tersebut.

Kontribusi Besar VS Lama Bekerja

Saya pernah mengikuti sebuah diskusi atau perdebatan yang membahas tentang kesempatan menaikkan jabatan bagi karyawan dalam sebuah perusahaan. Dalam diskusi tersebut ternyata kontribusi besar dan lama bekerja pada perusahaan adalah dua faktor yang digunakan untuk menaikkan jabatan atau gaji seseorang dalam perusahaan. Dalam suatu perusahaan, mungkin perusahaan anda saat ini, ditemui beberapa personil yang sudah lama sekali bekerja pada perusahaan tersebut, namun jabatannya tetap atau stagnan di level supervisor, atau personil lain yang baru tiga sampai empat tahun bekerja sudah menempati jabatan setingkat manager atau asisten direktur. Ada baiknya kita melihat dan mengetahui bagaimana mereka mendapatkan karir pada saat ini. Bisa jadi kasus tersebut terjadi karena perusahaan lebih melihat kontribusi yang besar dibanding lama bekerja seseorang.

Kehidupan Atasan

Setiap orang bekerja untuk memenuhi kebutuhan finansial keluarga dan pribadi. Terutama bagi mereka, pria yang berkeluarga. Tidak hanya memenuhi kebutuhan primer dan sekunder, tetapi juga kebutuhan tersier dan saving. Demikian juga bagi atasan anda. Ada baiknya juga anda mengetahui dan mengenal lebih dekat bagaimana kehidupan atasan anda di luar perusahaan. Seberapa wealthy mereka dengan karir yang mereka raih sekarang. Atau anda temui dan memperhatikan atasan anda di kantor. Seberapa sering atasan anda mengendarai mobil. Merek mobil apa yang mereka pakai. Bisa jadi anda menemui salah satu atasan anda yang sudah bekerja selama 10 tahun belum mempunyai mobil dan tinggal di sebuah rumah yang sangat sederhana. Pilihannya antara atasan anda memang orang yang sederhana atau perusahaan tidak dapat memberikan penghidupan yang lebih dan memungkinkan karyawan dan stafnya mempunyai saving lebih. Jika hampir semua atasan anda atau personil di atas anda memiliki kehidupan yang serupa, bisa jadi perusahaan anda tidak dapat memberikan anda saving lebih lewat bonus dan insentif alias pas-pasan. Dan menjadi pilihan anda, apakah anda tetap ingin berkarir di perusahaan tersebut atau pindah ke perusahaan lain yang dikenal dapat memberikan penghasilan yang lebih atau mendirikan usaha sendiri.

Apa Yang Ingin Anda Peroleh

Memperoleh karir yang lebih baik, tetap menjadi karyawan dengan jabatan stagnan, keluar dari perusahaan ke perusahaan yang dapat memberi gaji lebih tinggi, atau mendirikan perusahaan sendiri adalah pilihan anda. Yang pasti jika anda ingin mengejar karir ada baiknya anda mengenal semua personil di atas jabatan anda sekarang ini, dan perhatikan beberapa hal yang sudah saya sampaikan sebelumnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: