Pekerjaan Yang Tepat Bagi Anda

Pekerjaan yang tepat dapat mengoptimalkan semua potensi yang anda punya, termasuk bakat, minat dan kompetensi. Tapi banyak di antara kita, yang mungkin masih ragu apakah pekerjaan yang sekarang ini digeluti sudah tepat bagi kita. Setiap orang punya tolok ukur sendiri tentang ini. Tetapi saya punya pandangan sendiri tentang pekerjaan yang tepat bagi saya, dan mungkin bagi anda.

Passion

Saya pernah membahas tentang passion pada postingan saya sebelumnya. Untuk mengetahui apakah profesi atau pekerjaan kita sudah sesuai dengan passion kita atau tidak, kita mencoba evaluasi bagaimana keseharian kita dalam profesi tersebut. Apakah kita sangat menyukai semua aktifitas dalam pekerjaan kita. Apakah kita sering terlena, enjoy, atau bahkan sampai lupa waktu dengan pekerjaan-pekerjaan kita. Bahkan kalau perlu anda rela tidak dibayar untuk melakukan pekerjaan itu, atau bersedia lembur tanpa memperhatikan bonus overtime. Jika anda merasa semuanya benar, besar kemungkinan pekerjaan yang anda lakukan sekarang ini sesuai dengan passion anda.

Added Value

Jika dibanding tahun kemarin, prestasi kerja anda tahun ini lebih baik. Jika kemampuan dan keahlian anda semakin bertambah dari tahun ke tahun. Hasil kerja anda makin lama makin baik. Anda selalu menemukan hal baru dan menarik yang dapat menambah wawasan anda. Jika hal-hal itu ada di pekerjaan anda, bisa jadi anda sudah memilih pekerjaan yang tepat.

Apresiasi

Dengan kemampuan dan kompetensi anda sekarang, apakah anda mendapat pengakuan dan penghargaan dari rekan-rekan kerja anda. Apakah atasan anda memberi apresiasi baik terhadap semua hasil kerja anda. Apakah gaji yang anda dapat sekarang sudah layak dengan kemampuan dan kompetensi anda. Apresiasi yang kurang baik dari lingkungan anda bisa jadi karena anda ditempatkan pada pos kerja yang kurang tepat. Serta gaji yang dirasa kurang layak adalah penghargaan yang diberikan pada perusahaan akibat kondisi “ketidaktepatan” pekerjaan anda tersebut. Namun jika semua apresiasi dan gaji yang diberikan kepada anda dirasa sudah layak dengan kompetensi anda bisa jadi pekerjaan itu sudah tepat bagi anda.

Semoga anda tidak bingung dan dapat menilai apakah pekerjaan anda sekarang sudah tepat bagi anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: