Menggandakan Cepat Part Sama dengan Copy With Mates

Copy With Mates

Ada kalanya kita ingin menggandakan cepat part sama, tetapi part yang akan dipasangkan tidak memiliki pattern yang sama alias tidak beraturan sehingga kita tidak dapat menggunakan component pattern untuk menggandakannya. Bagi mereka yang baru dengan SolidWorks, mereka akan melakukan insert part atau menggandakan part secara manual baru dipasangkan dengan part lain. Jika mate yang digunakan untuk memasangkan part yang akan digandakan sama semua, sebaiknya kita menggunakan menu copy with mates untuk menggandakannya dengan cepat.

Part dan Assembly Sederhana

Untuk memulainya, kita dapat mengambil contoh part yang akan dipasangkan. Part pertama adalah part pelat berlubang dengan posisi lubang tidak beraturan.

Part Pelat Berlubang Tak Beraturan

Part kedua, silinder dengan kepala hexagon mirip hexagon bolt.

Part Silinder Berkepala Hexagon

Untuk memulai assembly, insert part pelat berlubang terlebih dahulu. Kemudian, insert part silinder berkepala hexagon.

Memulai Assembly Sederhana

Lakukan mating dengan terlebih dahulu memilih mate, lalu memilih concentric untuk permukaan lengkung luar silinder dan permukaan lubang dalam pelat.

Concentric Mate

Kemudian lakukan mating coincident pada permukaan atas pelat dengan permukaan bawah kepala hexagon silinder.

Coincident Mate

Part yang akan digandakan adalah silinder berkepala hexagon, yang dipasangkan sama dengan empat lubang lain di part pelat berlubang.

Copy With Mates

Ada beberapa cara memilih menu “copy with mates“, cara pertama adalah mengarahkan pointer pada salah satu permukaan pelat, klik kanan, lalu pilih menu “copy with mates“.

Memilih Copy With Mates

Cara kedua, memilih menu “copy with mates” pada toolbar. Pada pilihan menu “Insert Components“, terdapat drop down yang menyimpan beberapa pilihan menu lain termasuk “copy with mates”.

Copy With Mates pada Toolbar

Cara ketiga, memilih “copy with mates” di menu utama. Pilihannya, “Insert“, “Components“, lalu ada pilihan “Copy with mates”.

Copy With Mates pada Menu Utama

Setelah memilih copy with mates, akan muncul tampilan di sidebar, pengaturan menu copy with mates. Pastikan isian “Selected Components” adalah part silinder berkepala hexagon.

Isian Selected Components

Selanjutnya untuk mengisi “Mates”, kita perhatikan terlebih dahulu mate yang akan digunakan. Pada mate sebelumnya, mating yang digunakan untuk memasangkan silinder dan pelat hanya dua maka pada isian “mates” hanya ada dua mate, yaitu concentric dan coincident. Terlebih dahulu kita isi “concentric” dengan memilih salah satu sisi lubang dalam dari empat lubang pelat berlubang.

Copy with Concentric Mate

Tampak komponen yang digandakan masih transparan. Selama komponen transparan, ini menandakan mate yang digunakan untuk menggandakan part masih belum lengkap sehingga perlu memilih permukaan mate lagi. Karena tinggal satu mate lagi, coincident, kita pilih permukaan atas dari pelat berlubang.

Copy With Coincident Mate

Lakukan hal yang sama pada lubang yang lain. Dari sub item “mates” pada sidebar terlihat hasil mate semua komponen. terlihat mate concentric dan coincident yang sama dan berurutan.

Memasang Silinder Di Semua Lubang

Keterbatasan Penggunaan Copy With Mates

Copy with mates memiliki keterbatasan dalam penggunaannya. Hal ini terjadi terutama pada komputer dengan spek standar (sekedar memenuhi minimum requirement system saat menginstal SolidWorks), dan assembly sudah memiliki jumlah part yang banyak. Efek yang dirasakan adalah proses penggandaan yang lama di setiap proses Mate Copying. Serupa dengan penggunaan Copy With Mates adalah penggunaan toolbox, semisal washer, yang juga akan merasakan proses lama jika assembly sudah memiliki part yang banyak.

Tidak semua mate bisa dilakukan copy with mates. Seperti Width pada Advance Mate. Mate yang umum bisa dipakai adalah mate dengan memasangkan dua bagian part saja. Sedang Width menggunakan empat bagian part untuk mating. Sehingga bisa jadi part yang akan di-copy with mate tidak bisa dipilih saat mengisi “Selected Components” dikarenakan hal tersebut.

Beberapa yang dipasang terbalik saat copy with mates juga harus dilakukan “Mate Alignment“. Hal ini bisa terlihat ketika hasil copy with mates terbalik. Maka lakukan “Mate Alignment” pada mate yang dirasa terbalik.

Jika gambar ilustrasi tidak jelas, klik gambar dan akan terhubung dengan web photobucket yang menyimpan gambar-gambar ilustrasi tersebut. Untuk pembelajaran juga, file part, assembly dan gambar ilustrasi dapat didownload lewat link berikut (Copy With Mates). Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: