Konveyor Rantai (Bagian 2)

Konveyor Rantai (Sumber: Rexnord Chains Conveyor Catalog)

Seperti halnya berbagai jenis mesin yang lain, konveyor rantai memiliki bagian-bagian atau elemen mesin tersendiri. Secara umum, bagian-bagian konveyor rantai pada berbagai jenis rantai sama. Dalam suatu sistem konveyor, konveyor terbagi dari empat bagian, bagian drive, bagian penghubung, bagian belokan dan bagian idle. Pada bagian drive, kita akan temui penggerak mula. Pada bagian penghubung, kita temui badan konveyor polos. Pada bagian idle, kita akan temui guide rantai belok yang umum terbuat dari bahan nilon. Pada bagian idle, kita akan temui poros idle.

Pada suatu potongan konveyor, bagian konveyor rantai dapat dibagi ke dalam beberapa bagian, meliputi badan konveyor, pagar konveyor, kaki konveyor, pelindung konveyor, talang konveyor, cable duct konveyor, driver dan idle konveyor, dan asesoris konveyor. Badan konveyor adalah bagian yang umum dan standard dari konveyor, di mana rantai konveyor bergerak dan bagian-bagian konveyor lain akan terhubung. Pagar konveyor adalah bagian konveyor yang mencegah barang yang diantarkan oleh konveyor tidak tumpah atau jatuh. Kaki konveyor adalah bagian konveyor yang menopang seluruh bagian konveyor, pemberi jarak antara lantai dan rantai konveyor atau conveyor level. Pelindung konveyor adalah bagian konveyor yang berfungsi melindungi barang yang diantarkan konveyor dari intervensi manusia/operator atau kontaminan yang mungkin mengganggu jalannya barang atau mengkontaminasi isi dalam barang yang diantarkan konveyor, namun tetap visibel untuk pengawasan operator. Pelindung konveyor umumnya terdapat di ruangan pengisian dan penutup botol pada perusahaan obat-obatan/farmasi dan minuman. Talang konveyor adalah bagian konveyor yang menampung cairan dari mesin pengisian botol yang mungkin jatuh atau tumpah selama proses pengisian atau pengantaran botol dari mesin pengisian ke mesin penutup/penyegel botol. Cable duct konveyor adalah bagian konveyor yang berfungsi melindungi kabel elektrik atau selang udara dari cairan atau kotoran. Driver dan idle konveyor adalah bagian konveyor yang meliputi poros, bantalan, plat flange motor, gearbox dan motor penggerak. Asesoris konveyor adalah bagian konveyor yang mungkin ditambahkan pada badan konveyor untuk keperluan tertentu seperti alat separasi botol, sensor, dan alat perejek botol.

Penampang Konveyor Rantai Sumber: Rexnord Chains Conveyor Catalog

Badan konveyor umumnya terbuat dari plat hairline tebal 2 mm. Terdapat spacer yang berfungsi sebagai pemberi jarak antara dua plat badan konveyor. Semakin lebar konveyor, semakin banyak baris rantai konveyor, atau semakin lebar jenis rantai konveyor, maka semakin panjang spacer yang akan digunakan. Strip gesek adalah bagian konveyor yang menopang nilon gesek atau chain guide profile atau slide rails (ada perbedaan nama di tiap merek rantai konveyor). Chain guide profile adalah bagian konveyor yang bergesekan dengan rantai konveyor, dan mencegah rantai kontak langsung dengan badan konveyor.

Pagar Konveyor Sumber: Rexnord Chains Conveyor Catalog

Pagar konveyor umumnya terbuat dari pipa stainless steel berdiameter setengah inch yang diberi holder pada sisi-sisi badan konveyor. Semakin tinggi botol, semakin besar jarak pipa, atau dibuat dengan banyak pipa.

Kaki Konveyor Sumber: Rexnord Chains Conveyor Catalog

Kaki konveyor terdiri dari penyangga badan konveyor yang terbuat dari stainless steel dan bagian kaki yang kontak dengan lantai. Bagian yang kontak dengan lantai umumnya dibuat adjustable sehingga dapat diatur level ketinggian konveyor. Pada konveyor yang memungkinkan terjadinya pergerakan sebidang lantai, pada ujung kaki diberi karet untuk memperbesar gesekan dengan lantai.

Pelindung konveyor terbuat dari bahan plastik, baik acrylic atau policarbonate yang transparan. Rangka pelindung konveyor sepenuhnya terbuat dari stainless steel. Pelindung konveyor dilengkapi dengan engsel yang memungkinkan operator membuka pelindung konveyor untuk keperluan maintenance atau memperbaiki laluan barang kiranya ada botol yang macet/tidak berjalan atau jatuh.

Talang Konveyor Sumber: Rexnord Chains Conveyor Catalog

Talang konveyor terbuat dari bahan plat stainless steel tebal 1,5 mm. Talang konveyor terletak tepat di bawah badan konveyor. Holder talang konveyor dibuat adjustable agar dapat mengatur level talang, sehingga cairan dalam talang dapat mengalir. Pemasangan talang konveyor umumnya terletak di antara mesin feeding botol, mesin pengisian botol, mesin penyegelan botol, dan mesin penutup botol.

Cable duct konveyor terdiri dari wadah kabel, penutup wadah kabel, plat penghubung dan cable duct holder. Wadah kabel dan penutup wadah kabel terbuat dari plat stainless steel setebal 1,2 mm. Karena panjang konveyor yang mungkin sangat panjang, cable duct umumnya dibuat potongan sehingga menggunakan plat penghubung. Cable duct holder adalah penyangga wadah kabel yang terhubung dengan badan konveyor. Cable duct holder terletak di sisi samping dan bawah dari badan konveyor. Untuk memudahkan maintenance, umumnya cable duct dipasang pada sisi motor penggerak dan sensor botol.

Motor Konveyor Sumber: siemens.com

Penggerak konveyor adalah motor listrik atau motor bakar. Poros terdiri dari dua, satu poros sebagai poros penggerak yang terhubung dengan penggerak mula, dan poros yang lain sebagai poros idle di ujung lain dari penggerak mula. Sprocket juga terdiri dari dua, satu di poros penggerak dan yang lain di poros idle. Bantalan terletak di sisi lain gearbox. Secara umum, pada sisi idle kita dapat menemui bantalan atau tidak. Pada beberapa produsen mesin eropa terkenal, poros idle cukup terbaut dengan badan konveyor dan membiarkan sprocket idle bergesekan dengan poros idle.

Asesoris konveyor tergantung dengan jenis fitur tambahan pada konveyor. Hal ini memungkinkan, jika pada konveyor juga terdapat proses pada botol, baik itu sensor, separasi botol, atau perejek botol.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: